VIDEO YOUTUBE

4 Lagu Group Band "The Beatles" yang di kenang sepanjang masa

AcaraMusik.com | Jakarta - Group musik "The Beatles" tidak hanya tersohor dengan para personil yang ganteng-ganteng. Dengan mengusung genre rock, group musik asal Liverpool menelurkan beberapa hits dari single hingga album lagu sepanjang masa.

Sejak berdiri pada tahun 1962, group musik dengan personil, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr ini pada masa itu sangat produktif memproduksi lagu-lagu yang hingga kini tetap enak di dengar.

The Beatles ditempa menjadi group musik professional oleh seorang pengusaha toko musik bernama Brian Epstein yang selanjutnya menjadi manajer kemudian potensi musik mereka dipermak oleh seorang produser bernama George Martin.

Kolaborasi antara Brian Epstein dan George Martin tak hanya menjadikan The Beatles professional namun juga produktif dan melahirkan 4 lagu yang dikenang sepanjang masa. Berikut ihwal 4 lagu tersebut.

1. Love Me Do

Lagu Love Me Do direkam pada 11 September 1962 di Abbey Road Studios EMI/liveabout.com
Kali pertama merilis single lagu berjudul “Love Me Do” pada 5 Oktober 1962 lagu ini langsung mencapai nomer 17 di tangga lagu Inggris. Lagu tersebut ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney serta direkam pada 11 September 1962 di Abbey Road Studios EMI.

Studio Abbey itu kemudian dibuat terkenal oleh grup tersebut sebagai judul rekaman panjang mereka yang bersampulkan foto ikonik hingga kini, keempat personel Beatles melintas di atas zebra cross, Abbey Road.

Uniknya, lagu ini direkam sebanyak 3 kali dengan 3 drumer yang berbeda yakni Ringo Starr, Pete Best dan Andy. The Beatles merekam lagu ini pertama dengan Pete Best sebagai bagian dari audisi EMI.

Pete Best kemudian depak oleh George Martin karena kurang setuju dengan gaya permainannya. Best pun kemudian digantikan oleh Ringo Starr. The Beatles dengan Ringo merekam versi ke dua yang diperuntukan untuk peluncuran single lagu.

Selang seminggu, George Martin kembali tak puas dengan permainan drum Ringo. Martin pun minta Andy untuk menjadi drummer sesi. Sedangkan Ringo saat itu di rekaman yang ketiga hanya memainkan rebana disamping Andy.

2. Please Please Me

Lagu Please Please Me ini menjadi single pertama yang mampu menapaki tahta tertinggi di tangga lagu di Inggris/popmatters.com
Kelar dengan single pertama, The Beatles pun memproduksi single kedua yang berjudul “Please Please Me”. Dan lagu ini menjadi single pertama yang mampau menapaki tahta tertinggi di tangga lagu di Inggris.

Lagu “Please Please Me” dirilis pada tahun 1963 atau setahun setelah lagu Love Me Do di Parlophone Records. Single ke dua ini seolah menjadi berkah tak terkira. Pasalnya The Beatles langsung popular di jagad negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sejatinya, rekaman untuk project sebuah album yang menggabungkan beberapa lagu di dalamnya. Yakni beberapa lagu yang sering dinyanyikan The Betales di konser-konser mereka seperti di The Cavern Club, Liverpool.

Perlu diketahui pula, bahwasannya album “Please Please Me” ini adalah album yang paling cepat digarap oleh The Beatles. Dikerjakan hanya dalam satu hari pada hari Senin, 11 Februari 1963 di Abbey Studio.

3. I Want to Hold Your Hand

I Want to Hold Your Hand Mendapat julukan British Invasion di industri musik Amerika Serikat/liveabout.com
Bak air mengalir, kesuksesan The Beatles susah untuk dibendung. Pasalnya seluruh single yang mereka rilis ke publik mencapai peringkat teratas di tangga lagu di Inggris. Tak terkecuali lagu “I Want to Hold Your Hand”.

Bahkan lagu tersebut membawa dampak lebih dahsyat lagi. Lagu yang dirilis pada tahun 1964 ini adalah single pertama yang berhasil menjajah industri musik negara Uncle Sam alias Amerika Serikat hingga mendapat julukan sebagai British Invasion.

I Want to Hold Your Hand di tulis oleh John Lennon dan Paul McCartney pada 17 Oktober 1963 dan direkam dengan menggunakan alat empat lintasan. Andai saja tidak ditunda, demi suksesnya lagu “She Loves You” sudah meraih sukses.

Meski demikian, saat diluncurkan pada tanggal 29 November 1963 langsung menjadi rekor. Sebab pertama kali dirilis langsung menempati tangga lagu pertama di Inggris dan bertahan selama 5 minggu dan tetap bertahan di top 50 selama 21 minggu.

Lagu ini pun menjadi hit pertama di Amerika, kemudian masuk urutan 45 tangga lagu Billboard Hot 100 di tahun 1964 semenjak grup musik ini menginvasi industri musik Amerika Serikat.

4. Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band

Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band menjadi album ke-9 yang menduduki peringkat teratas selama 26 minggu di Inggris/highresaudio.com
Album selanjutnya yang mendapatkan pengakuan dari berbagai kalangan industry music dunia adalah Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Bahkan album ini diakui sebagai master piece The Beatles serta salah satu album terbaik sepanjang masa.

Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band diperkenalkan pada tanggal 1 Juni 1967 di Britania Raya dan menjadi album ke-9 The Beatles dan tetap menduduki peringkat teratas tangga lagu selama 26 minggu.

Banyak inovasi yang dilakukan pada album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band sehingag membawa pengaruh besar atas industry musik setelahnya. Lebih gilanya, album ini dikerjakan hanya dalam waktu 700 jam.

Album ini di konsep oleh Paul McCartney yang membayangkan suatu band keliling bersama sirkus dan ini tersirat jelas dalam cover album mereka.

Sebenarnya, hanya ada 3 tracklist dalam album ini yang menggunakan konsep tersebut yakni Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band, With a Little Help from My Friends, dan Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (reprise) [*]

Posting Komentar

0 Komentar